YAYASAN SWANA SANTA PALANG BIRU
    RUMAH SAKIT PALANG BIRU KUTOARJO
    Jl. Marditomo No. 17 Kutoarjo Purworejo | Call (0275) 641425, 641650 | Ambulance (0275) 641428
    E-mail : rspb_kta@yahoo.co.id | Nomor Layanan Pengaduan : 0812 2909 6818 (Whatsapp)

KESSAN (Kesan dan Pesan Setelah Pelayanan)

BPJS Kesehatan terus berupaya untuk memberikan kepuasan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui peningkatan mutu layanan di fasilitas kesehatan. Salah satu metode pengukuran pelayanan yaitu melalui pengisian Kesan Pesan Peserta Setelah Layanan (KESSAN) yang dilakukan oleh peserta. KESSAN merupakan suatu proses evaluasi pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan melalui mekanisme survei untuk memperoleh umpan balik atau kesan pengalaman peserta setelah menerima layanan dari fasilitas kesehatan.

Pelaksanaan KESSAN dikembangkan melalui Aplikasi Mobile JKN yang bisa digunakan melalui ponsel masing-masing peserta, yang bisa diunduh/download di Playstore/Appstore. Bagi peserta yang tidak memiliki Mobile JKN, peserta dapat mengisi formulir KESSAN melalui scanning QR Code yang ada di Fasilitas Kesehatan.

Hasil pelaksanaan KESSAN menjadi sumber data capaian nilai kepuasan peserta di Fasilitas Kesehatan yang menjadi salah satu indikator dalam kepatuhan Fasilitas Kesehatan terhadap kontrak kerja sama. Hasil dari pengisian KESSAN ini akan memberikan rating untuk masing-masing Fasilitas Kesehatan.

Terdapat enam pertanyaan yang ada di dalam mekanisme KESSAN yang bisa dijawab peserta sesuai dengan apa yang dialami oleh peserta, antara lain

  1. Ruang tunggu/Ruang Rawat Inap yang cukup, bersih dan nyaman
  2. Petugas (administrasi/dokter/perawat/farmasi) memberikan pelayanan dengan baik dan ramah
  3. Dokter melakukan pemeriksaan dan menjelaskan kondisi kesehatan dengan baik
  4. Petugas sigap dalam memberikan pelayanan
  5. Pelayanan obat/pemeriksaan laboratorium/tindakan medis tanpa biaya tambahan di luar ketentuan
  6. Petugas yang memberikan pelayanan tidak membeda-bedakan pasien JKN dengan pasien umum.

ALUR PENGISIAN KESSAN

 

Bagi yang sudah menggunakan Aplikasi JKN Mobile, maka urutan pengisian sebagai berikut

Bagi yang belum memasang Aplikasi JKN Mobile di Ponsel, maka urutan pengisian sebagai berikut.

 

Mari kita dukung peningkatan kualitas pelayanan Fasilitas Kesehatan bagi Peserta BPJS KESEHATAN dengan memberikan penilaian dan masukan setelah mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan.

Bagi pasien RS Palang Biru Kutoarjo, silakan Anda scan QR Code di bawah ini melalui ponsel Anda.